BOOKING TIKET PESAWAT

masuk ke lingkungan atau kawasan yang masih baru bagi kita

masuk ke lingkungan atau kawasan yang masih baru bagi kita. Info sangat penting tentang masuk ke lingkungan atau kawasan yang masih baru bagi kita. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai masuk ke lingkungan atau kawasan yang masih baru bagi kita

masuk ke lingkungan atau kawasan yang masih baru bagi kita
Ingat waktu pertama kali ngeblog? Saya ingat banget tuh. Tahu ndak, cukup repot juga memperkenalkan blog saya pada orang lain. Waktu itu rencananya mau kasih tahu teman-teman di kantor kalau saya punya weblog. Saya berharap mereka itu yang akan menjadi pembaca blog saya. Tapi niat itu saya batalkan. Khawatir nanti mereka malah mentertawakan postingan-postingan saya yang cukup cemen itu. Lagi pula postingannya baru beberapa biji. Tapi setelah itu saya jadi berfikir, untuk apa punya blog kalau pembacanya hanya saya sendiri, si pemilik blog. Kan ndak lucu. Kebetulan waktu itu saya juga sudah baca beberapa artikel tentang cara-cara mempromosikan blog. Ya sudah, saya praktekkan saja. Saya pilih cara blogwalking dan ninggalin komentar di blog yang saya singgahi. Cara ini yang saya fikir paling masuk akal dan paling tepat sasaran. Tahu ndak, untuk ninggalin komentar saja, waktu itu saya masih grogi. Mungkin memang begitu ya perasaan kita setiap kali masuk ke lingkungan atau kawasan yang masih baru bagi kita. Komen-komen cemen pun saya tinggalkan pada blog-blog itu. Hasilnya, lumayan. Ada satu atau dua blogger yang dating ke blog saya. Ninggalin komentar. Senang baget rasanya. Ternyata ada juga yang mau baca posting di blog saya. Setelah beberapa bulan dan juga melihat hasil pada statistic blog di google analytic, saya ambil kesimpulan bahwa mayoritas pembaca sebuah blog itu ternyata dari kalangan blogger juga. Pemilik blog yang kita komentari postingannya yang secara ndak langsung kita ajak untuk mengunjungi blog kita. Ada juga sih beberapa persen pengunjung yang bukan dari kalangan blogger. Mereka datang dengan perantara jasa situs search engine. Itu kalau blog kita sudah agak berumur dan sudah banyak terindeks content-nya oleh search engine. Atau karena kita memang sengaja pasang iklan promosi blog pada layanan iklan on-line. Dari pengalaman ngeblog selama ini saya jadi menarik satu pelajaran yang cukup penting. Bahwa ternyata kita memang harus bisa menjaga keakraban sesame blogger. Karena mereka ini yang membuat blog kita menjadi terdengar gaungnya di jagad maya.
PLN (Perusahaan Listrik Negara) Kotabumi Lampung Utara


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger